3 Langkah Strategis Opera Software di Indonesia

Seperti yang kita tahu, Opera memang sudah memiliki branding kuat sebagai browser yang mempunyai kemampuan mengkompres data. Sejak 2005 Opera meluncurkan produk pertamanya bernama Opera Mini, yang merupakan penyedia pertama mobile browser. Namun seiring berjalannya waktu, makin banyak mobile browser bermunculan. Persaingan pun semakin ketat, lalu bagaimana strategi Opera Software dalam memenangkan pasar Indonesia? Simak beberapa langkah yang Opera yang saya dapat ketika bertemu dengan Peko Wan, Senior Communications Manager Opera, Asia Pacific.

Meluncurkan Opera Max 

Opera Max adalah aplikasi gratis yang berfungsi untuk menghemat penggunaan data yang dikonsumsi smartphone hingga 50%, terutama saat kita menggunakan aplikasi yang berupa video dan gambar seperti Vine, Instagram, Vevo, ataupun Flipboard. Ingat ya, Opera Max bukan browser seperti Opera Mini, tapi sebuah aplikasi yang nantinya akan langsung mengkompres dan mengatur ulang data yang kita pakai dengan Virtual Private Network (VPN) ke data saving clouds.

Untuk saat ini Opera Max baru tersedia bagi pengguna Android yang tersedia di Amerika dan Eropa dengan sistem first-come, first served. Jadi strategi merupakan rencana yang akan datang untuk pasar Indonesia. Untuk mengetahui lebih jelas tentang Opera Max, silahkan kunjungi laman ini.

 

Bekerja sama dengan EVERCOSS dan MITO

EVERCOSS merupakan produsen ponsel lokal yang baru saja mengubah nama untuk bisa go global. Sedangkan MITO adalah salah satu dari tiga produsen ponsel terbesar di Indonesia yang memiliki jumlah pengguna yang terus meningkat. Opera menjalin kerjasama dengan menyediakan pre-load apps di perangkat terbaru kedua vendor tersebut.

Pada EVERCOSS, browser opera mini sudah tersedia di perangkat terbaru bersistem operasi Android 4.2 Jelly Bean, yaitu EVERCOSS A7T dan A12. Sedangkan pada ponsel MITO, opera mini sudah tersedia pada MITO Fantasy Pocket yang juga bersistem operasi Android 4.2 Jelly Bean

 

Meluncurkan Opera Web Pass dengan Menggandeng Telkomsel

Opera Web Pass adalah solusi yang memungkinkan operator memberikan akses layanan mobile internet yang lebih mudah bagi para pengguna data. Dengan Opera Web Pass, operator bisa menawarkan berbagai jenis layanan akses data, seperti akses berinternet gratis di web selama sehari penuh ataupun akses satu jam ke socmed tertentu. Untuk saat ini Opera Web Pass menggandeng salah satu penyedia layanan operator terbesar di Indonesia, Telkomsel.

Opera Web Pass bisa diakses dengan menggunakan Speed Dial yang tersedia di halaman awal Opera Mini. Ketika dikonfirmasi, web pass ini hanya bisa diakses dengan menggunakan simcard Telkomsel.

Menurut kalian, apakah strategi di atas akan mempertahankan pasar pengguna featured phone dan mobile browser di Indonesia tetap berada di genggaman Opera?

4 Comments

  1. Numpang lewat gan! Yang ini tampilannya lebih ‘enak’ Gus. Rasa stroberi #krik

    Tuh udah dikomen ;p

  2. Nice article, mas. Kalo jawaban saya sih mungkin perlu strategi baru lagi, penetrasi UC browser, Mozilla dll belakangan juga makin bagus. :)

    #blogwalking

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2017 Agustaf.com

Theme by Anders NorénUp ↑